Kami Memperkenalkan OKNEWS : Berita dari Negeri Ok

 

NAMANYA OKNEWS. Dibentuk dari dua kata, berasal dari bahasa yang berbeda : Ok dan News. Yang satu mengalir dari bahasa Ngalum artinya air atau ok (baca ok bukan oke) dan yang lainnya berasal dari bahasa Inggris berarti berita (news). Jadilah OKNEWS, penggabungan dua kata yang berbeda pengertian namun mengandung multi makna sesuai akar dan asal katanya. Ketika membaca namanya, muncul pertanyaan kenapa disebut OkNews dan apa artinya ?  Setiap kita pasti akan membaca oke kalau ada tulisan OK. Itu sangat benar karena semua orang sudah mengakui, sepakat dan menerimanya secara bersama, baik istilahnya maupun pengertiannya.

Namun kata OK (baca ok bukan oke) bagi orang Ngalum di Pegunungan Bintang maupun bagi suku-suku bangsa yang menyebar ke wilayah selatan (suku Muyu-Mandobo di Boven Digul) dan ke timur di Papua New Guinea (PNG), kata Ok (baca ok) artinya Air. Jadi OkNews mengandung pengertian berita dari negeri ok.Karena itu, setiap kata Ok yang dimuat di media ini mengandung pengertian atau berasosiasi kepada air, sehingga dibaca bukan oke tetapi dibaca sesuai pengucapannya yakni ok, baik berfungsi sebagai awalan maupun tidak, seperti sebutan untuk nama tempat atau sungai Oksibil, Oksop, Okbi, Oklip, Okbab, dll.

 

Manusia Ok

Suku Ngalum dan Suku Ketengban merupakan dua suku bangsa yang hidup di  dataran tinggi Pegunungan Bintang. Selain itu ada beberapa sub-suku yang hidup di daerah ini, seperti Murop di dataran rendah selatan dan Omkai serta Lepki di dataran rendah utara. Istilah Ok (dibaca ok, bukan oke) artinya air berasal dari bahasa Ngalum. Istilah ini sama artinya dengan kata Me atau Mek dari bahasa Ketengban.

Read more ...