TEOLOGI PEMBEBASAN PERSPEKTIF PAPUA

 

 

Oleh; Isak Bofra

Kolonialisme yang mengakar kuat pada daerah-daerah bekas jajahan yang mengakibatkan terjadinya berbagai marjinalisasi pada kehidupan daerah,bangsa yang di kuasainya.Dan hal tersebut terjadi pada kehidupan Negara-negara di Amerika Latin maupun Amerika utara yang mengalami penjajahan dari Koloni Spanyol,Portugis,Inggris,Prancis yang menguasai Benua Amerika pada decade abad 14-18 untuk mengeksploitasi sumber daya alam,mengeksploitasi manusianya,serta menerapkan kerja-kerja perbudakan pada lahan-lahan yang dimiliki oleh tuan-tuan tanah untuk menghasilkan bahan mentah yang memiliki nilai ekonomis,seperti kapas,jagung,kopi,kakao,dan lainya.Dengan tujuan untuk pengakumulasian modal atau pondi-pondi keuntungan yang besar bagi  para tuan tanah.

Masa penjajahan yang cukup panjang sehingga melahirkan penderitaan,dan tidak ada penghargaan akan kehidupan suatu ras manusia diman praktek perbudakan itu ada,serta doktrin alkitab yang mensabotase ungkapan kebenaran isi alkitab akibat dari buta huruf yang diderita oleh para budak dan rakyat pada daerah jajahan sehingg menerima saja kebenaran yang di sampaikan oleh para tuan-tuan tanah ketika memimpin ibadah-ibadah,serta khotbah-khotbah dihadapan para budak.ungkapan seperti Tuhan Yesus itu berkulit putih,para budah harus tunduk dan patuh kepada tuannya.pesan yang disampaikan oleh Tuan tanah kepada para budaknya seakan melegitimasi status akan penguasaanya kepada para budak.

Read more ...

Papua Dalam Cengkraman

Oleh Isak Bofra

Melihat dinamika perkembangan West Papua dari Abad XIII hingga sekarang, yaitu sampai hari ini abad XX, dalam perjalanan yang panjang ini, lika-liku perjuangan untuk menentukan masa depan Bangsa Papua Barat akan selalu mengalir entah ia beraliran apa. Karena ketika ia lahir dari Rahim perempuan Papua maka darah nasionalisme akan Papua selalu mengalir dalam setiap anatomi tubuhnya. Persoalan yang belum terjembatani secara baik adalah fase pertumbuhan dengan maksud untuk menanamkan semangat nasionalisme akan West Papua adalah doktrinisasi dan pesan-pesan ideologis ketika anak-anak papua dalam fase pertumbuhan dengan maksud untuk menanamkan semangat nasionalisme akan west papua.

Menanamkan semangat Nasionalisme dengan mendidik anak anak tentang cerita-cerita rakyat Papua, sejarah colonial yang terjadi dan berlangsung sampai sekarang dibumi cenderawasih. Kemudian cerita tentang tokoh-tokoh pejuang Papua yang telah meletakkan namanya dalam sejarah perjuangan Papua baik itu tokoh perempuan maupun laki-laki. Cerita tentang surga Papua yang dipenuhi dengan sumber daya alam yang kita miliki dengan melimpahnya sampai kita seharusnya makmur dan sejahtera diatas kekayaan kita namun mengapa seluruh bangsa di Papua hidup termarjinalkan baik secara ekonomis, politik, dan sosia-budaya. Selain itu,  cerita tentang ras kita yang memiliki perbedaan yang signifikan dengan suku bangsa yang ada di NKRI.

Read more ...

GEREJA PEGUNUNGAN BINTANG & KEMITRAANNYA DALAM PEMBANGUNAN

Oleh Pdt. Yeheskiel Kaladana, S.Th

Pesta demokrasi lima tahunan baru saja selesai diselenggarakan tepatnya pada tanggal 9 Desember 2015. Dari hasil tersebut, Costan Oktemka, S.Ip, dan Deki Deal, S.Ip, nomor urut 4 berhasil meraih suara tertinggi dalam bursa kandidat Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Pegunungan Bintang untuk masa bhakti 2016-2020 dengan jumlah perolehan 33.123 suara.

Read more ...