JELAJAH GUNUNG WA

GUNUNG Wa. Begitulah nama yang diberikan penduduk asli Kabupaten Pegunungan Bintang. Gunung ini dikenal banyak orang dengan sebutan Gunung Botak.

Kebanyakan orang menyebut Gunung Botak karena Gunung Wa itu gundul. Hampir tak ada tumbuhan yang membungkus gunung yang menjulang tinggi  itu. Terkadang,.kemegahan gunung itu tak nampak lantaran diselimuti kabut. Bagi sebagian penduduk asli, menyebut gunung itu, Aplim.

Dari atas Gunung Wa ini, sepanjang mata memandang, Anda dapat menikmati pemandangan  yang luar biasa. Gunung-gunung yang bersambung-sambung dengan hamparan pepuhonan hijau dan selalu tertutup kabut. Bahkan tak jauh dari  Gunung botak itu, Anda akan terkesimak dengan kemehagan air terjun Do.

Gunung Wa ini, dapat dijadikan salah satu objek wisata advonturir yang spektakuler.

Lalu bagaimana untuk mencapai obyek wisata itu? Untuk menjangkau dan menikmati gunung yang terletak di Kampong Mangabip/Aplim ini, dari kota Oksibil,  para wisatawan dapat menggunakan jasa angkutan kota yang melayani rute Mabilabol – Ok Aom.

Ok Aom merupakan sebuah distrik. Jalan raya yang dibangun pemerintah telah menjangkau Distrik Ok Aom. Kemudahan seperti itu tentu saja mempermudah wisatawan dalam menikmati keagungan Tuhan. Harga yang dirogoh untuk sampai ke Ok Aom, memang mahal, sekitar Rp 100,000,- pergi pulang.

Read more ...

Kembali ke Alam Bersama Air Terjun Okmimka

Mencari makna dibalik alam, memetik ribuan bahkan jutaan pembelajaran dari indahnya Air terjun Mimka beserta lingkungannya yang eksotis.

 

PERNAHKAH anda berpikir untuk menjauh dari rutinitas keseharian yang menjadikan penat pikiran dengan bermanja ria dibawah guyuran air terjun tanpa ada gangguan dari orang terdekat anda?

Ketika Anda hanya hendak memanjakan jiwa raga dengan kesejukkan dan kesegaran air sehingga alam membersihkan beban pikiran serta mengisinya dengan kesejukkan udara? Jika Anda memilih Ya, maka air terjun yang satu ini bisa jadi pilihan Anda.

Air Terjun Mimka atau orang lokal menyebutnya sebagai Okmimka Bung patut dimasukkan dalam jajaran obyek wisata andalan buruan anda selain obyek wisata alam lain dan budayanya di kota Oksibil. Betapa tidak, air terjun yang terletak di wilayah Barwombung Kampung Kabiding, Distrik Oksibil itu memiliki air terjun yang indah. Okmimka memiliki tiga air terjun, dari posisi yang terendah hingga air terjun di posisi tinggi. Sisi menarik lainnya adalah buangan air terjun yang jauh dari areal itu sendiri senantiasa meniupkan angin yang kencang.

Read more ...

BERAKHIR PEKAN BERSAMA PEMANDIAN MARIN DEMON

Alam semestinya adalah sahabat manusia. Tempat di mana semua pembelajaran berasal serta mendampingi hidup manusia hingga akhir hayatnya.

Siapa bisa menolak panggilan alam nan merdu? Kecantikan dan keunikan alam Oksibil yang unik tak akan pernah mampu diabaikan oleh para travelers sejati. Sebut saja pesona alam di bagian manapun di Oksibil pasti akan mampu menaklukkan keangkuhan hati manusia. Gunung, lembah, hutan belantara, kali, sungai, telaga bahkan keindahan yang tertutupi kabutpun begitu membahana.

Read more ...

Air Terjun Ok Merum, Cantik tapi Misterius

Oleh Muchtar Abdu Kholiq*

 

Mungkin tidak banyak orang yang belum mengetahui keberadaan air terjun Ok merum. Tetapi bagi pendaki dan pemburu air terjun, saya rasa tempat ini perlu masuk dalam daftar destinasinya. Air Terjun Ok Merum adalah Air terjun yang berada di belantara Hutan di desa Okatem. Air Terjun Okmerum memiliki 4 titik Air Terjun, dengan ketinggian yang berbeda. Airnya mengalir di Sungai Okmerum, kita akan merasakan betapadingin airnya ketika kaki kita tercebur didalamnya. Selain itu, kita juga bisa meminum airnya tanpa takut sakit perut, karena airnya sangat bersih dan bebas dari populasi. Kita bisa merasakan betapa segarnya air pegunungan. Air terjun ini bisa dijadikan sebagai penghilang  terutama untuk masyrakat yang tinggal dan bekerja  di kabupaten pedalaman, seperti kabupaten pegunungan bintang. Air terjun ini juga sangat bagus untuk menjadi obyek foto para fotografer landscape fotografi

Read more ...